Nenek Ini Jualan Sayur hingga Tengah Malam, Rajin Beri Makan Kucing Jalanan.

Sehari-hari, Mbah Rinati berjualan sayur seperti jantung pisang, pepaya, dan serai untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia berjualan di kawasan Pasar Krian Kabupaten Sidoarjo mulai pukul 16.00 hingga sekitar pukul 22.00 WIB. Cerita tentang Mbah Rinati pertama kali diunggah oleh pemilik akun youtube Lily Alestari pada 2 Juli 2020.
Satu bulan kemudian, pemilik akun youtube tersebut kembali membagikan cerita tentang Mbah Rinati. Dalam video terbaru yang diunggah pada 25 Agustus 2020, Lily Alestari kembali mendatangi lapak Mbah Rinati di Pasar Krian.
Kali ini, Lily tidak hanya membeli dagangannya, tetapi juga memberikan sejumlah uang dari para sukarelawan yang diamanatkan kepadanya. Begini kisah pilu Mbah Rinati yang masih rajin memberi makan kucing jalanan hampir setiap hari.
Menunggu Pembeli hingga Tertidur
Ketika Lily mendatangi lapak sayurnya, Mbah Rinati tampak tertidur. Dagangannya tampak masih cukup banyak. Tak ada seorang pun pembeli di lapak sayurnya. Lily menanyakan harga dan membeli beberapa dagangan Mbah Rinati.
“Teman-teman jika sedang berada di pasar Krian Sidoarjo tolong di bantu melariskan dagangan Mbah Rinati ya, beliau  berjualan jantung pisang, pepaya dan serai untuk memenuhi kebutuhan hidup. Waktu saya kesana dagangan Mbah Rinati sangat sepi pembeli bahkan Mbah Rinati Sampai ketiduran karena menunggu pembeli. Sedih sekali melihat kondisi Mbah Rinati yang sudah sangat sepuh masih berjualan sampai malam hari. Mbah Rinati berjualan di trotoar samping Ramayana pasar Krian dari jam 4 sore sampai jam 10 malam,” tulis pemilik akun Lily Ayuning Lestari di halaman facebook grup INFO WARGA BONDOWOSO (IWB) pada Senin (31/8) kemarin.
Belikan Ikan untuk Kucing Jalanan
Sebagian uang hasil dari kerja kerasnya, dibelikan ikan untuk makan kucing-kucing jalanan di sekitar Pasar Krian. Dalam video berdurasi 13 menit 48 detik itu, tampak kucing-kucing hilir-mudik menghampiri Mbah Rinati di lapak sayurnya. Mbah Rinati pun langsung memberikan ikan kepada masing-masing kucing.
“Sebagian uang hasil dari jualan di belikan ikan oleh Mbah Rinati untuk memberi makan kucing-kucing di jalanan. Tolong di bantu melariskan dagangan Mbah Rinati ya teman-teman,” lanjut Lily Ayunging Lestari.
“Sedih melihat mbah Rinatih…Semoga anak2 melihat dan terenyuh…Mantap sahabat telah berbagi…” komentar pemilik akun youtube Elanshory Channel.
“Ayo teman-teman bantu mbah rinati kasihan, eling-eling mbah ku biyen mbak, semoga yang bantu mbah diberikan ganjaran setimpal oleh Allah,” komentar pemilik akun youtube Hari Pramono.

Sumber Artikel:

Leave a reply "Nenek Ini Jualan Sayur hingga Tengah Malam, Rajin Beri Makan Kucing Jalanan."