Bukit Parang Endog, Cantiknya Sunset Dari Atas Bukit Gunung Kidul

49 views

Berwisata ke Yogyakarta jangan lupa untuk mengunjungi Gunung Kidul, yang memiliki destinasi wisata alam yang mengagumkan. Seperti Pantai Baron, Gunung Ireng Patuk, Goa Jomblang, Gunung Bagus Paliyan, Bukit Paralayang Watugupit, Air Terjun Luweng Sampang, dan masih banyak lagi.

Destinasi alam tersebut sangat layak untuk kamu kunjungi dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang luar biasa. Jika kamu ingin menyaksikan cantiknya sunset, Bukit Paralayang Watugupitlah tempatnya.

Bukit Paralayang Watugupit biasa disebut juga Bukit Parang Endog atau Bukit Parangtritis. Bukit ini berada di ketinggian 900 mdpl, sehingga menjadikan tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam.

Bukit ini bernama Parang Endog berasal dari dua suku kata yakni Parang dan Endog. Parang berarti Bukit sedangkan Endog artinya Telur, penamaan hal tersebut dikarenakan bukit yang ada di sekitar Pantai Parang Endog ini bentuknya menyerupai telur.

Berikut ulasan lengkap mengenai Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watugupit:

Lokasi Bukit Parang Endog

Lokasi Bukit Parang Endog terletak tak jauh dari Pantai Parangtritis tepatnya berada di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Bukit Parang Endog

Rute menuju Bukit Parang Endog jika bergerak dari Yogyakarta membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute yang bisa dilalui yakni bisa melalui jalur Parangtritis atau bisa menuju Panggang.

Jika kamu bergerak dari Panggang kamu tinggal mengikuti jalur yang sudah ada, jalannya mulus dan lebar sehingga mudah untuk dilalui.

Nanti kamu akan menemukan persimpangan jalan belok ke kanan, jika ke arah kiri menuju Pantai Baron dan beberapa pantai yang ada di Gunung Kidul.

Jalan yang dilalui dipenuhi dengan turunan dan belokan yang cukup tajam, sehingga pastikan kendaraanmu dalam kondisi baik.

Setelah jauh berjalan kamu akan menemukan kembali persimpangan jalan, beloklah ke arah kiri. Jalanan akan semakin menurun cukup tajam, tak berselang lama kemudian tibalah kamu di area parkir Bukit Paralayang Watugupit.

Untuk menuju bukitnya kamu harus menapaki beberapa anak tangga, selanjutnya tinggal tentukan lokasi untuk melihat sunset. Yang paling menjadi favorite para pengunjung ialah di puncak bukitnya.

Jam Buka Bukit Parang Endog

Jam operasional Bukit Parang Endog dibuka setiap hari mulai Pukul 05.00 hingga pukul 18.30. Pengunjung biasanya datang ketika sore hari untuk menunggu kedatangan Sunset yang cantik.

Tiket Bukit Parang Endog

Untuk pembayaran retribusi jika kamu bergerak dari arah Parangtritis akan dikenai biaya sekitar Rp. 5.000 per orang, karena memasuki wilayah Pantai Parangtritis.

Sedangkan jika kamu menggunakan rute Panggang, kamu hanya akan membayar biaya retribusi parkir ketika tiba di lokasi. Yakni sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor sedangkan untuk mobil sebesar Rp. 5.000 saja per unitnya.

Jika kamu ingin mencoba wahana paralayang dan terbang di atas Pantai Parangtritis kamu harus membayar sekitar Rp. 350.000 per orang, harga tersebut sudah termasuk pemandu profesional.

Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watugupit selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang datang dari berbagai daerah, karena terpikat akan daya tarik yang dimiliki, seperti:

  1. Melihat Keindahan Pantai

Menyaksikan panorama alam dari ketinggian memang tak pernah membosankan. Jika kamu berada di Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watugupit, kamu dapat menyaksikan bukit yang dihiasi pepohonan rindang serta pantai yang panjang membentang.

Sudah tersedia beberapa tempat duduk untuk kamu menikmati keindahan alam yang tersaji, sejauh mata memandang melihat deburan ombak yang silih bersahutan. Ditambah dengan hijaunya pepohonan yang membuat alam semakin berwarna.

Dari ketinggian Bukit Parang Endog kamu akan menyaksikan Pantai Parang Endog, Pantai Parangtritis hingga Parang Kusumo. Perpaduan alam yang dapat membuat rasa takjub semakin menggelayut dalam diri.

  1. Menyaksikan Cantiknya Sunset

Sekitar pukul lima sore Bukit Parang Endog selalu ramai dikunjungi pengunjung, mereka ingin menyaksikan cantiknya matahari tenggelam.

Tempat terbaik ialah di puncak bukitnya, namun di tempat yang lainnya pun kamu masih dapat menyaksikan perubahan alam yang sangat elok ini.

Dengan duduk-duduk santai sambil bercengkrama dengan teman atau orang terkasih dilengkapi dengan menyaksikan sunset, sungguh merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

  1. Mencoba Wahana Paralayang

Paralayang atau Paragliding merupakan sebuah olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap yang berasal dari kain parasut. Kegiatan Paralayang ini lepas landasnya di atas puncak bukit dengan memanfaatkan angin.

Bukit Parang Endog disebut juga Bukit Paralayang karena di lokasi ini kamu bisa melakukan kegiatan Paralayang. Kegiatan tersebut sangat memacu adrenalin, sehingga tak semua orang berani untuk melakukannya.

Bukit Paralayang Watugupit pernah menjadi tempat dilaksanakannya Jogja Air Show pada tahun 2014 lalu, dan beberapa event paralayang lainnya.

Jika kamu mencoba wahana yang satu ini kamu akan melihat indahnya pantai dari ketinggian, nantinya akan mendarat diantara Pantai Parangkusumo atau Pantai Depok.

Kamu nggak perlu khawatir, karena selama terbang kamu akan ditemani oleh pemandu profesional yang akan menjamin keselamatan kamu selama terbang.

  1. Hunting Spot Foto

Alam yang indah sayang jika dilewatkan begitu saja, salah satu cara untuk mengabadikan keindahan alam ialah dengan mengambil beberapa gambar atau video.

Jangan lewatkan untuk berfoto bersama alamnya yang indah, serta mengabadikan cantiknya perubahan warna alam dari siang menuju malam.

Comments are closed.