Wisata Pantai Pangandaran, Indah Banget Untuk Liburan

106 views

Pantai Pangandaran, pantai ini merupakan salah satu tujuan wisata populer di jawa barat. Kebetulan beberapa waktu lalu touring menggunakan motor kesini.

Jujur aja saya bukan penggemar wisata pantai, ngga kuat panasnya! Mungkin karena sedari lahir sampai gede tinggal di daerah gunung kali ya. Tapi wilayah pantai pangandaran rada beda, udaranya ngga panas-panas amat..adem malahan. Mungkin karena masih musim hujan juga sih.

Hotel Di Pantai Pangandaran

Hotel di pantai Pangandaran cukup banyak pilihannya. Tergantung budget, kita bisa memilih hotel dan penginapan mulai dari harga 200 ribuan. Rata-rata hotel di area pantai timur berada di sisi pantai langsung, hanya dibatasi oleh jalan saja. Sedangkan di pantai barat di batasi oleh jalan dan jajaran warung-cafe buat hangout. Kebetulan saya dan istri memilih hotel Sun in pangandaran (SIP). Cukup direkomendasikan hotelnya. Lokasinya berada di bottle neck area ini; Berada di sisi pantai timur tapi hanya cukup berjalan 50 meteran udah bisa ke pantai barat juga.

Ada banyak tempat wisata di pangandaran yang bisa kita kunjungi. Ngga cuma pantainya aja lho. Soal pantai pun ternyata banyak tujuannya. Hanya saja memang kebanyakan wisatawan datang ke area utama pantai di Pangandaran aja. Ada dua area pantai utama disini ; pantai barat Pangandaran, dan pantai timur Pangandaran.

Pantai Pananjung – Pantai barat merupakan area pantai yang paling banyak dikunjungi. Bentukannya landai dengan pasir pantai yang luas. Di sepanjang pantai terdapat banyak tempat makan dan hangout. Cocok banget buat yang liburan bersama keluarga dan anak kecil.

Pantai disini cukup luas juga, bisa puas buat jalan-jalan nikmatin. Di sore hari, kita bisa menikmati makanan dan minuman sambil melihat sunset yang indah.

  1. Pantai Timur Pangandaran

Di pantai timur Pangandaran pasirnya sedikit, tapi lebih tenang dibandingkan pantai Pananjung di sebelah barat. Meskipun demikian, tempatnya asyik lho. Banyak spot menarik disini. Ada banyak dermaga dan tanjung kecil yang menjorok ke laut, cocok buat nongkrong dan ngopi disini. Selain itu, banyak tempat makan ikan bakar juga. pantai timur pangandaran ujung pantai timur pangandaran view cagar alam pantai timur pangandaran

Tempat rekomendasi ; Di ujung jalan pantai timur ada tanjung kecil dan tempat makan/cafe kecil. Cocok banget buat nongkrong2 bareng teman disini. Di pantai timur pangandaran, kita bisa menikmati sunrise. Bentukan pantai disini berupa teluk sehingga airnya lebih tenang. Terdapat banyak tambak ikan di tengah teluk. Di malam hari, lampu dari tambak-tambak ini unik juga lho, bagus terlihat dari sisi pantai.

  1. Taman Wisata Alam Pangandaran / Cagar Alam Pananjung

Area taman wisata alam pangandaran atau cagar alam Pananjung terletak diantara pantai timur dengan pantai barat Pangandaran. Disini kita bisa melihat berbagai satwa liar seperti rusa, monyet ekor panjang, lutung, dan banteng. Rusa-rusa disini cukup jinak, dan kalau malam sering terlihat bermain diluar wilayah cagar alam. Jadinya ngga heran kalau malam-malam kita melihat 2-4 ekor rusa di jalan raya.

Dengan harga jasa 150 ribu (dua orang, kurang tahu kalau banyakan ya), kita bisa menggunakan perahu untuk mengitari cagar alam, berkunjung ke pantai pasir putih, batu layar, atapun snorkeling di dekat batu layar. Saat kita berkeliling di cagar alam, perahu akan menunggu sampai kita selesai. Kebetulan saat liburan ini, saya dan istri hanya berkeliling ke tiga tempat diatas aja. Lagi ngga mood buat muter-muter jauh 😀

Selain tiga tempat diatas, di wilayah Pangandaran juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang bisa dikunjungi.

Comments are closed.