Nasib TKI di Mekkah Terimbas Covid 19: Tak Bisa Bayar Kontrakan, Makan Diberi Orang

Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat banyak orang kehilangan pekerjaan. Seperti salah seorang pria yang memutuskan untuk merantau menjadi TKI di Mekkah. Dia merupakan seorang Muthawwif atau guide yang biasa mengantarkan dan menemani orang-orang Indonesia menjalankan ibadah umrah di Mekkah. Namun adanya pandemi membuat dirinya ikut terkena imbas. Bahkan ia pun sampai menunggak membayar kontrakan lantaran tak memiliki pekerjaan lain. Berikut ulasan selengkapnya.

Tak Punya Pekerjaan Selain Muthawwif – Salah seorang TKI di Mekkah yang bekerja sebagai guide atau Muthawwif baru-baru ini menjadi sorotan lantaran terdampa pandemi virus covid-19. Ia pun mengaku bahwa dirinya tak punya kegiatan atau pun pekerjaan lain, selain menjadi seorang Muthawwif. “Sejak tidak ada jamaah umrah apakah ada aktifitas lain?,” tanya Muhammad Sofi AW seperti dalam unggahan saluran Youtubenya. “Enggak ada ustaz, ya pengangguran selama enggak ada jamaah,” jawab TKI tersebut.

Tak Bisa Bayar Kontrakan Selama 5 Bulan – Menjadi seorang pengangguran di tanah orang lantaran terdampak pandemi, membuat TKI ini kesusahan dalam membayar rumah kontraknnya. Ia mengaku sudah 5 bulan belum membayar kontrakan dengan harga 500 riyal per bulannya. “Kalau selama saya di sini ustaz ya, lima bulan ustaz saya di sini, yang enggak bayar ustaz,” ucap dia.

Makan Diberi Orang – Tidak memiliki penghasilan selama pandemi, membuatnya juga susah mencari makan. Ia pun hanya bisa mengharapkan bantuan dan juga makanan yang diberikan oleh orang lain. “Ya alhamdulillah, cuma bisa mengharap dari pemberian orang ya ustaz, kadang-kadang dikasih orang gitu ustaz. Ya kadang-kadang kayak beras gitu ustaz,” ujarnya.

Bersyukur Selalu Ada yang Mau Berikan Makan – Dalam kondisi kesusahan seperti saat ini, ia begitu bersyukur. TKI ini mengatakan bahwa selama dirinya di kota orang, masih banyak yang mau memberikan makan. “Jadi kalau untuk makanan di tanah harom Alhamdulillah, ada saja yang mau ngasih ustaz,” kata dia mengaku.

Diberikan Bantuan Berupa Uang – Bak kata mutiara rezeki tidak akan kemana-mana, ia pun mendapatkan sedikit bantuan dari salah seorang subscriber dari Muhammad Sofi AW. Orang tersebut memberikan bantuan berupa uang sebanyak 500 riyal kepada TKI yang terdampak covid-19 tersebut.

“Silahkan diterima semoga bermanfaat,” ujar Sofi AW sembari menyalurkan bantuan dari salah seorang subscribernya tersebut.

sumber merdeka.com

Comments are closed.