Sempat Bikin Geger, Begini Fakta Petai Raksasa yang Ditemukan di Banjarnegara

322 views

Selalu saja ada hal yang viral di Indonesia, baru-baru ini netizen dihebohkan dengan buah petai yang berukuran tidak umum. Petai ini sangat besar, hingga mungkin orang awam yang melihat gambar akan mengatakan kalau petai tersebut hanya editan. Usut punya usut, ternyata buah yang viral di Banjarnegara ini memang nyata adanya loh, gais.

Buah ini sebenarnya bukan petai ya, hanya saja bentuknya memang sangatlah mirip. Dengan panjang hampir 1,2 meter, ia tak lain merupakan tanaman merambat yang dinamakan dengan Entada. Lebih lengkapnya simak dalam ulasan berikut ini ya!

Bukan petai dan tak disarankan untuk dikonsumsi – Seperti yang sudah diketahui, nama tanaman ini adalah Entada, bukan petai. Ia memang masih satu ordo dengan petai, hanya saja Entada merupakan tanaman yang merambat. Nah, tanaman ini tidak disarankan untuk dikonsumsi loh, karena ia punya rasa yang sangir dan pahit. Kulit luarnya persis seperti jengkol, dengan daging buah yang berwarna putih. Jadi, untuk yang sudah berandai-andai akan panen dan makan besar, urungkan dulu niatmu ya!

Panjang yang lebih dari 1 meter – Entada ini memiliki panjang kurang lebih 1,2 meter. Saat ia tumbuh, Ukurannya bisa 5 kali lipat ukuran petai yang ada pada umumnya. Melansir laman Twitter Good News From Indonesia (@GNFI) tanaman yang sempat dikira sebagai petai raksasa ini ditemukan di hutan lindung Pringamba 2, Desa Panawaren, Banjarnegara, Jawa Tengah, Indonesia. Kepala Resort Konservasi Wonosobo BKSDA Jawa Tengah Adi Antoro mengatakan Entada ini merupakan tanaman langka.


Buah yang tumbuh tak hanya di Indonesia saja – Sebagai negara dengan ‘tanah surga, katanya’ berbagai macam tumbuhan bisa hidup di Indonesia, salah satunya adalah Entada yang disebut sebagai petai raksasa langka ini. Namun, Entada ini tak hanya ditemukan di Indonesia saja loh, ia juga bisa tumbuh di beberapa kawasan lain. Menurut Adi Antono, ada sekitar 21 spesies diketahui tumbuh di Afrika, enam dari Asia, dua dari daerah tropis Amerika dan satu dengan distribusi pantropis. Di Mozambik, Entada ini digunakan sebagai salah satu perlengkapan untuk ritual.

sumber : intisari.grid.id/

Comments are closed.