Kisah Bang Dzoel Fotografer Tanpa Tangan dan Kaki, Hasil Jepretannya Indah Banget

Memiliki keterbatasan, seharusnya memang tak dijadikan sebagai alasan seseorang untuk berhenti berkarya. Hal tersebut juga yang dilakukan oleh seorang fotografer ternama, Achmad Dzulkarnain. Di tengah keterbatasan fisiknya, pria yang akrab disapa Bang Dzoel ini berhasil menunjukkan kemampuannya kepada dunia.

Bang Dzoel bukanlah seorang fotografer biasa. Ia lahir dengan kondisi tangan dan kaki yang tidak sempurna. Akan tetapi, ia mampu membuktikan kemampuannya di tengah keterbatasan yang dimiliki. Berikut kisah selengkapnya:

Fotografer Difabel – Ahmad Dzulkarnain atau Bang Dzoel, merupakan seorang fotografer ternama asal Banyuwangi. Di kalangan fotografer Indonesia, sosoknya rupanya sudah tidak asing lagi. Ia banyak dikagumi. Selain karyanya yang mendunia, usaha serta kerja kerasnya untuk menggeluti dunia fotografi tanpa tangan dan kaki (difabel) sempurna menjadi inspirasi banyak orang.

Melansir dari laman Liputan6, diketahui jika Bang Dzoel memulai karirnya sebagai fotografer dengan bekerja di warung internet yang juga menyediakan jasa foto. Kemudian, ia mulai menemukan minat dan bakatnya disitu. Hingga akhirnya ia memutuskan membeli kameranya sendiri, dan berhasil membuktikan bahwa karyanya tidak dapat diremehkan.

Foto Bang Dzoel saat Memotret – Melansir dari unggahan di Instagram @undercover.id, membagikan momen saat Bang Dzoel tengah berkeliling di area persawahan untuk melakukan pemotretan. Dengan mengalungkan kamera DSLR di lehernya, Bang Dzoel mulai mencari objek-objek menarik yang bisa di foto.

Meski memiliki tangan dan kaki yang tidak sempurna, Dzoel tak terlihat kesulitan untuk mengoperasikan kamera. Ia bisa memegang kamera dengan cara menempelkannya ke wajah. Kemudian, untuk menekan tombol shutter Dzoel memakai kulit di ujung lengannya.

Menariknya, hasil jepretan Dzoel tak main-main. Di tengah keterbatasannya itu, Dzoel mampu menghasilkan foto berkualitas yang diakui kualitasnya.

Setelah mengenal media sosial, Dzul pun mulai membagikan hasil jepretannya lewat Instagram. Dari situlah ia dan karyanya mulai dikenal oleh banyak orang. Hingga akhirnya, ia berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk belajar tentang fotografi lebih lanjut.

Belajar Menyelam untuk Lakukan Pemotretan di Bawah Air – Menurut informasi, kecintaan Dzoel terhadap fotografi ternyata sempat mengancam keselamatannya. Ia mengaku pernah terjatuh dari tebing ketika hendak memotret air terjun. Namun, hal itu rupanya tak membuatnya takut dan menyerah. Ia bahkan diketahui belajar untuk menyelam, agar bisa mengambil gambar di dasar laut.

“Hidup saya tanpa batas, dan saya bisa melakukan apapun yang saya mau,” kata Dzoel, dikutip dari Instagram @undercover.id (16/3).

Kisah perjalanan karier Dzoel tak selalu mulus. Ia kerap menerima perlakuan kurang menyenangkan karena kekurangan fisiknya. Ia bahkan mengatakan, bahwa dirinya sempat ingin mengakhiri hidupnya saat masih berusia 13 tahun. Namun, kini kondisi itu berubah. Saat ini, kondisi dan kemampuan Dzoel telah diakui banyak orang.

sumber : merdeka.com

 

Comments are closed.