Bayi Diberi Pisang, Usia 10 Hari Meninggal, Ibu Bayi Dimarahi Warganet

908 views

Pisang adalah makanan kaya gizi. Tapi pisang bukan untuk bayi, apalagi di usia di bawah satu tahun, terlebih bayi baru lahir. Sayang tidak semua orangtua mengerti akan hal ini.

Karenanya ada kejadian, orangtua bayi baru lahir memberikan bayinya pisang untuk menu makan bayi. Ada juga bayi usia 4 bulan yang diberi menu makan pisang kerok oleh orangtuanya dan dibagikan disosial media.

Mungkin ceritanya bagi informasi dan sharing, tapi justru ini sangat membahayakan. Karenanya saat unggahan yang tadinya ada di TikTok ini masuk akun gosip di Instagram, singgkat seorang ibu menyuapi bayi enam bulan dengan pisang kerok langsung membuat heboh.

Dari situlah si ibu yang menyuapi pisanh tersebut langsung dihuam dengan amarah dan sindiran wargnet. “dia pikir sangat menginspirasi ibu” padahal memalukan,” tulis @lestarireyna.

“Ternyata smartphone belum tentu bikin orang jadi smart !!!,” tulis @yuliana_mastoeti04.. “udah mah masih 4 bulan. Dikasih makan pisang kerok. Posisi tiduran pula Sehat sehat ya dek..,” tulis @darasiregar.

Menurut penasehat American Academy of Pediatrics (AAP), usia yang tepat untuk mengenalkan bayi kepada makanan padat seperti bubur yakni usia enam bulan.

Sebelum usia enam bulan, Air Susu Ibu (ASI) adalah makanan terbaik untuk bayi. ASI memiliki wujud cair yang sangat mudah dicerna bayi, sistem pencernaannya belum matang seperti orang dewasa.

Dilansir dari health.clevelandclinic.org, memberikan makanan padat terlalu dini dapat sulit dicerna, kemungkinan tersedak, dan dapat meningkatkan kemungkinan obesitas di kemudian hari.

Hal ini juga berlaku dalam memberikan pisang untuk bayi. Sebaiknya jangan memberikan pisang ketika usia bayi berumur kurang dari enam bulan.

Dalam usia kurang dari enam bulan, bayi tak bisa mencerna pisang secara sempurna. Tapi malang nasib bayi baru lahir usia 10 hari, karena diberi makan pisang dirinya meninggal dunia.

Dilansir dari Worldofbuzz.com, seorang bayi yang baru berusia 10 hari mengalami perdarahan hebat setelah mengonsumsi bubur pisang. Bubur pisang tersebut diberikan sang nenek.

Insiden menyedihkan ini dibagikan akun facebook Lia Imelda Siregar. Lia mengingatkan kepada setiap orangtua untuk berhati-hati dengan makanan bayi.

Kejadian berawal ketika sang nenek memberikan bubur pisang kepada cucunya yang masih bayi. Sayangnya, karena pencernaan belum siap, darah segar berbau menyengat keluar dari rektum bayi.

Sang bayi segera dilarikan ke UGD dan dokter mencoba memberikan pertolongan. Namun, darah segar justru keluar melalui hidung, mulut, dan anus.

Ternyata, sang bayi tercekik saat pipa kecil mengalirkan darah dari mulut dan hidungnya. Setelah satu jam berjuang, sayang nyawa sang bayi tidak bisa diselamatkan.

Kisah ini tentu menjadi pembelajaran kita semua ya, untuk mengetahui waktu yang tepat untuk mengenalkan makanan padat kepada bayi

sumber : tribunnews.com

Comments are closed.