Viral! Pasien Kritis Diduga Diberikan Tabung Oksigen Kosong Berujung Kematian, Anak Pasien: Ini Nyawa Mamaku Bisa Kau Ganti

Beredar sebuah video viral yang memperlihatkan kemarahan keluarga pasien kepada seorang perawat. Video tersebut diunggah oleh salah satu akun Instagram gosip @manaberita pada hari jumat (28/05/2021) kemarin.

Dalam video tersebut, terlihat seorang peria yang merekam video saat ibunya mengembuskan napas terakhir. Pria tersebut kemudian marah lantaran seorang perawat itu diduga memberikan tabung oksigen kosong saat si pasien mengalami sesak napas.

“Tabung kosong ini tabung kosong, nggak ada tekanan, ini suster ini yang buat ini, nggak diperiksanya,” ujar salah seorang anak pasien. “Ini nyawa mamakku, bisa kau ganti?” teriak pria itu.

Pria tersebut berusaha menarik masker perawat itu dan terus berteriak padanya. Tak lama kemudian, si perawat jatuh pingsan dan tergeletak di lantai.

Menurut keluarga, pasien sempat dibawa ke ruang ICU untuk mendapatkan perawatan khusus. Sayangnya, saat akan diberi oksigen, pasien justru mengalami sesak napas dan megap-megap.

Mengejutkannya, tabung oksigen yang akan diberikan kepada pasien itu ternyata kosong, sehingga pasien pun akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Bantahan dari Pihak Rumah Sakit

Video yang menunjukkan tabung oksigen kosong diberikan kepada seorang pasien yang sedang sekarat viral. Pasien itu disebut meninggal karena keterlambatan mendapatkan oksigen.

Dilihat detikcom, Jumat (28/5/2021), dalam video terlihat seorang pasien perempuan yang sedang dirawat. Terlihat juga seorang suster yang menggunakan masker di lokasi itu.

Suara dari dalam video terdengar memarahi suster itu. Dia marah karena tabung oksigen dinilai kosong.

“Tabung kosong ini, tabung kosong, nggak ada tekanan. Ini suster, ini yang buat ini nggak diperiksanya,” kata suara dalam video.

Suster itu kemudian diminta membuka masker. Perekam video terlihat sempat menyentuh wajah suster untuk membuka masker. Suster itu terlihat menolak dan dia terlihat jatuh ke lantai.

“Jangan pura-pura, ini nyawa,” kata suara dalam video.

Pengunggah video, Ramadan Saputra, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (26/5) malam. Peristiwa itu disebut terjadi di RS Pirngadi, Medan.

“Kita dari KNPD, pasien itu kita yang bawa ke rumah sakit. Peristiwanya Rabu malam di Pirngadi,” kata Ramadan.

Ramadan mengatakan peristiwa itu berawal saat pasien dalam keadaan kritis. Pasien itu kemudian dibawa ke ruang ICU tapi di dalam ruangan terdapat tabung oksigen yang diduga kosong.

“Malam itu, ibu itu udah nggak sadarkan diri, itulah dibawa ke ICU. Di ICU itu ada tabung oksigen, tapi oksigennya habis. Nggak ada tekanan,” ucap Ramadan.

Ramadan mengatakan tabung oksigen itu sempat dipasangkan ke pasien. Namun, kata Ramadan, tidak ada tekanan yang keluar dari tabung.

“(Sempat) dipasangkan ke pasien, tapi karena nggak ada tekanan makanya pihak dokter saat itu panik. Ibu itu meninggal,” jelasnya.

Pejabat Humas RS Pirngadi Medan, Edison, membenarkan peristiwa dalam video itu terjadi di RS Pirngadi. Namun, dia membantah tabung oksigen yang diberikan kepada pasien itu kosong.

“Nggak benar kosong, kita sudah bantah. Kita sudah lapor polisi tentang bahasa konten itu dibilang tabung gas kosong,” kata Edison.

sumber : okezone.com

Comments are closed.