2 Kali Batal Berangkat Haji, Tukang Tambal Ban asal Boyolali Sudah Menabung 22 Tahun

Pemerintah kembali menunda keberangkatan haji 1442 Hijriah/2021 Masehi. Keputusan tersebut membuat sejumlah calon jemaah haji kaget dan kecewa. Salah satunya Anantono Anak Ragil, calon jemaah haji asal Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dia sudah dua kali batal berangkat haji. Ironisnya, dia adalah seorang tukang tambal ban di pinggir jalan yang telah menabung selama 22 tahun.

Warga Desa Nepen Teras Boyolali saat ini harus menahan kekecewaannya dan bersabar untuk yang kedua kalinya. Karena yang rencana tahun ini akan melaksanakan ibadah haji kembali tertunda, setelah pemerintah kembali memutuskan tidak memberangkatkan haji akibat pandemi Covid-19. Dulunya Anantono adalah seorang sopir bus AKAP Solo-Jakarta.

Namun karena keinginan hidup dekat keluarga, akhirnya pada tahun 2003 Anantono keluar dan beralih profesi menjadi seorang tambal ban sepeda motor di pinggir jalan di dekat desanya.

Setiap hari Anantono mengumpulkan hasil dari tambal ban sedikit demi sedikit dari hasil menambal ban. selama 22 tahun hingga mampu melunasi biaya pelaksanaan ibadah haji sebesar 36 juta rupiah sejak tahun 2019 lalu. Anantono sudah mendaftar haji pada tahun 2010 dan rencananya waktu itu mendaftar bersama istrinya. Namun karena pada tahun 2009, istrinya mengalami kecelakaan dan patah tulang.

Setiap hari Anantono mengumpulkan hasil dari tambal ban sedikit demi sedikit dari hasil menambal ban. selama 22 tahun hingga mampu melunasi biaya pelaksanaan ibadah haji sebesar 36 juta rupiah sejak tahun 2019 lalu.

Anantono sudah mendaftar haji pada tahun 2010 dan rencananya waktu itu mendaftar bersama istrinya. Namun karena pada tahun 2009, istrinya mengalami kecelakaan dan patah tulang.

“Ini perlengkapannya juga belum datang, koper, tas segala macam. Malam mendengar kabar bahwa tahun ini di-cancel lagi. Kaget sih kaget, cuma mau bagaimana lagi. Kalau kita mau protes ya protes kemana.

Ya sabar saja,” katanya. Dia berharap semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan tahun depan pemerintah memberangkatkan calon jemaah haji, termasuk dirinya.

sumber : inews.id

Comments are closed.