Innalillahi, Dalang Kondang Ki Manteb Soedharsono Meninggal Dunia Karena Covid-19

Kabar duka datang dari Karanganyar. Dalang kondang Ki Manteb Soedharsono dikabarkan tutup usia, Jumat (2/7/2021), sekitar pukul 10.15 WIB. Saat ini jenazah disemayamkan kediamannya di Karangpandan, Karanganyar.

Kabar meninggalnya Ki Manteb Soedharsono dibenarkan oleh mantan Humas Institut Seni Indonesia (ISI) Solo Esha Karwinarno. “Sugeng tindhak Mbah Manteb. Swarga langgeng,” katanya.

Diketahui, Ki Manteb Soedharsono selain aktif mendalang juga mengabdikan diri di dunia pendidikan dengan menjadi pengajar di ISI Solo.

Sejumlah dosen ISI Solo juga terpantau memasang status Whatsapp (WA) terkait Ki Manteb Soedharsono. Salah satunya Dosen Karawitan ISI Solo, Dhanis Sugiyanto, yang memasang foto kebersamaannya dengan Ki Manteb dalam status WA.

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Ndherek belasungkawa mugi alusipun Ki Mantep Sudarsono pikantuk swarga kelanggengan,” tulis Dhanis

Yan Vellia, penyanyi yang juga istri almarhum Didi Kempot juga memasang status WA terkait meninggalnya Ki Manteb.

“Eyang, sugeng tindak eyang…smoga husnul khotimah Eyang Manteb,” demikian tulis Yan Vellia.

Camat Karangpandan Karanganyar, Rusdiyanto, membenarkan informasi bahwa dalang kenamaan Ki Manteb Soedharsono meninggal dunia.

Dalang kondang Ki Manteb Soedarsono (72) meninggal pada Jumat (2/7/2021) sekitar Pukul 09.45 WIB. Ki Manteb meninggal di kediaman pribadinya di Dukuh Suwono, Desa Ndomplang Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

“Kurang lebih tadi Pukul 09.45 WIB bapak (Ki Manteb Soedarsono) meninggal dunia,” ujar Keponakan Ki Manteb Sudarsono, Ade Irawan (28) saat dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021).

Ade mengatakan, jika Ki Manteb Soedarsono meninggal karena sakit dan dirawat di rumah. Saat dirawat di rumah sempat diinfus dan diberi oksigen.

“Itu punya riwayat paru-paru,” kata Sekretaris Desa Ndomplang ini.

Ade menceritakan, sebelum sakit dan meninggal, Ki Manteb Soedarsono sempat ke Jakarta. Beliau ke Jakarta minggu kemarin bersama istri, anak, dan sopir.

“Di Jakarta kurang tahu acara apa, kayaknya pentas wayang,” imbuhnya.

Usai pulang ke Karangpandan, Ki Manteb istirahat sebentar kemudian pentas wayang di rumah live streaming. Pentas live streaming di rumah itu, Minggu (27/6/2021) kemarin.

“Setelah pentas live streaming itu, Senin (28/6/2021) sakit karena mungkin kecapekan. Sakit dan dirawat di rumah terus panggil dokter untuk memeriksa kondisinya dan diinfus,” ungkapnya.

Selama sakit, Ki Manteb Soedarsono sempat dites antigen, Kamis (1/7/2021) pagi dan hasilnya positif Covid-19. Sebenarnya lagi isolasi mandiri, rencana tadi malam dibawa ke rumah sakit tapi rumah sakit kan lagi penuh.

“Terus akhirnya pagi ini dapat Rumah Sakit Jati Husada Karanganyar dan mau dibawa kesana tapi pagi ini malah nggak ada,” sambung dia.

Ini yang isolasi di rumah ibu aja. Untuk sopir dan anak negatif hasilnya negatif.

Rencana jenazah Ki Manteb Soedarsono akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Dukuh Suwono, Desa Ndoplang Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

“Belum tahu jam berapa. Nunggu tim dari BPBD,” pungkas dia.

sumber : liputan6.com

Comments are closed.