Sosok Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak Si Doel yang Kini Kehilangan Penglihatan

Aminah Cendrakasih merupakan aktris yang malang melintang di dunia hiburan Tanah Air sejak era 1950-an. Namanya makin populer ketika memerankan tokoh Mak Nyak di sinetron legendaris RCTI, Si Doel Anak Sekolahan.

Perempuan kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 29 Januari 1938 ini memulai kariernya sebagai pemain dan penyanyi di pentas sandiwara pada 1955. Pada tahun yang sama, dia debut di film berjudul Oh Ibuku.

Setelah itu, Aminah membintangi puluhan judul film lain selama kariernya. Di antaranya adalah Asrama Dara (1958), Bertjinta dalam Gelap (1971), Betty Bencong Slebor (1978), dan Komedi Lawak 88 (1986).

Memasuki tahun 1990-an, Aminah lebih sering menghiasi sinetron. Salah satunya si Doel Anak Sekolah yang tayang di RCTI pada 1992 hingga 1997. Karakter sebagai ibunda Doel sangat melekat dengan sosok putri Wolly Sutinah ini.

Aminah masih aktif muncul di beragam sinetron sebagai artis senior hingga awal tahun 2000-an. Sayang, eksistensi itu terenggut karena keterbatasan fisik di usianya yang senja.

Aminah divonis menderita glukoma sejak 10 tahun silam. Kini, dia tak bisa melihat lagi karena mengalami kebutaan dan hanya bisa terbaring lemah di ranjang.

Rekan artis pun silih berganti menyambangi kediaman Aminah untuk menjenguk. Mulai dari para pemain si Doel Anak Sekolahan hingga Raffi Ahmad, pernah berkunjung.

Meski kondisi fisiknya terbatas, jiwa seniman Aminah masih menggelora. Dia tetap mengikuti syuting Si Doel The Movie pada 2018 dan Si Doel The Movie 2 (2019) dengan kondisi terbaring di ranjang.

Sumber Artikel: celebrities.id

Comments are closed.