Warkop DKI KW Dinilai Meresahkan, Indro Warkop Merasa Dirugikan, Singgung Ranah Hukum dan Etika

Indro Warkop menyayangkan aksi tiga orang anak muda yang tengah viral memparodikan grup lawak Warkop DKI dan menamai diri sebagai Warkopi. Indro Warkop kecewa karena ternyata pihak Warkopi belum meminta izin HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) pada Warkop DKI.

Setelah menyampaikan teguran lewat media sosial, Indro sebagai satu-satunya anggota Warkop yang masih hidup pun mengadakan jumpa pers secara virtual untuk membahas masalah tersebut. Komedian berkepala plontos itu juga mengungkap ada atau tidaknya rencana membawa masalah tersebut ke jalur hukum.

Indro mengaku tidak tidak terpikir untuk melaporkan tindakan Warkopi dan manajemennya tersebut ke jalur hukum.  Kendati demikian, pria 63 tahun itu menegaskan bahwa kasus seperti itu biasanya dibawa ke jalur hukum demi mendapatkan keadilan.

“Ada pro kontra. Saya mungkin tidak sejauh itu berpikirnya. Ini negara demokrasi. Tapi celakanya kita berhadapan dengan hukum. Ada konsekuensinya yang sebetulnya ingin kita teruskan. Banyak hal yang kita pikirkan, ketidaktahuan, dan ketidakpedulian,” ujar Indro Warkop, dalam jumpa pers, dikutip Tribun Style, Selasa, 21 September 2021.

Lebih lanjut, Indro pun mengungkapkan bahwasanya dalam berkesenian selalu dibarengi dengan etika.  Saya nggak pengin ke hukum. Saya ingin berbicara etika.

Suatu saat ada yang mirip saya, dan mereka minta izin, saya izinin,” tegas Indro Warkop. Dia sebenarnya tidak mempersalahkan dengan kemiripan wajahnya.

Namun Indro menyebut pihak Lembaga Warkop DKI mempunyai kontrak dengan satu di antara rumah produksi. Tentunya, akan merugikan pihak rumah produksi yang sudah ada kontrak dan secara eklusif dapat membuat konten mengatasnamakan Warkop DKI.

“Kita mempunyai perjanjian dengan pihak produksi, yang kini dia punya hak eklusif untuk memegang nama Warkop DKI, ini yang menjadi masalah dan akan melebar kemana mana,” ujar Indro Warkop.

Terlepas dari itu semua, Indro Warkop tidak ingin masalah ini kian panjang.

Dia hanya ingin melakukan mediasi kepada Warkopi, dengan catatan, pihak sana tidak lagi memproduksi konten yang menyerupai atau menirukan Warkop DKI.

“Sekali lagi kalo dibilang mau ke ranah hukum atau tidak saya menghindar dari itu, oleh karena itu yuk kita ngomong kalo emang lu mau ngomong, kayak gitu istilahnya,” beber Indro Warkop.

“Tapi sebelumnya untuk menunjukkan niat baik, berhenti dulu, baru kita ngomong,” tandasnya.

Seperti diketahui, Warkopi sendiri telah membuat beberapa film pendek di media Youtube, ataupun Instagram.

Selain itu, Warkopi juga telah beberapa kali muncul di Televisi Nasional dengan menggunakan nama Dono, Kasino, dan Indro.

Sayangnya, Warkopi belum meminta izin hal itu baik kepada Indro ataupun Lembaga Warkop DKI.

Comments are closed.