Alasan Kiwil Tak Ingin Diganggu Anaknya, Ternyata Ingin Beri Pelajaran, Agar Mereka Mandiri

Komedian Kiwil rupanya membenarkan pengakuan Rizky Arnanda Delta, anak pertamanya, yang menyebut dirinya tak ingin diganggu. Dalam tayangan Rumpi seperti dikutip dari kanal YouTube TRANS TV Official, Jumat (24/9/2021), Kiwil memang menegaskan sama sekali tak ingin diganggu orang lain. Termasuk anaknya sendiri.

Ia ingin hidupnya lebih tenang, jauh dari hiruk pikuk pemberitaan. Namun, Kiwil mengatakan demikian kepada anaknya, bukannya tanpa alasan. Sebagai orangtua, ia rupanya ingin memberi pelajaran.

“Hasilnya sekarang apa? Yang saya dapat mereka lebih kuat, mereka lebih mandiri. Saya salah kemarin mendidik mereka dengan manja,” tutur Kiwil. Kiwil mengaku telah menelepon Nanda dan menjelaskan alasannya.

“Saya telepon Nanda, mengajarkan dia ‘ayo, sekarang kamu tahu ayah jauh, ayo sekarang gimana’,” ucap Kiwil. Yang jelas, di tengah kesulitan ekonomi, anak sulung Kiwil dan Rohimah, mencari nafkah sebagai driver ojek online. Ia melakukannya untuk membantu ibunya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Rohimah naik pitam

Rohimah sudah cukup sabar. Bahkan ia tak banyak menuntut terhadap komedian Kiwil, mantan suaminya. Sama sekali ia juga tak mempersoalkan apabila Kiwil memberikan nafkah untuk anak-anak mereka pascacerai, hanya Rp 1 juta.

Namun, ada satu ucapan Kiwil yang kemudian membuat Rohimah emosional. Kala itu, anak perempuan Rohimah menelepon Kiwil. Namun Rohimah geram saat tahu jawaban yang diterima anaknya dari pelawak tersebut.

“Kakak telepon ke ayahnya, ayahnya bilang gini, ‘Kak, jangan telepon ayah dulu, ayah pengin tenang’,” kata Rohimah, dari kanal YouTube Cumicumi, Kamis, (16/9/2021).

Awal ketika Kiwil pulang ke rumah Rohimah untuk menengok buah hatinya serta memberikan nafkah pascaperceraian. “Tanggal 29 Juli itu Bang Kiwil pulang, kasih duit saya Rp 1 juta,” kata Rohimah.

Rohimah mengaku tidak marah ketika Kiwil datang.

“Gila saja sudah 2 bulan enggak kasih duit, baru Rp 1 juta, itu tanggal 29. Tapi kan saya berusaha tidak mau marah,” ucap Rohimah melanjutkan. Rohimah mengatakan yang terpenting adalah kehadiran Kiwil agar anaknya bisa melepas kerinduan anak terhadap sosok ayah.

Setelah itu kehidupan kembali normal. Seperti biasa, Kiwil pulang ke rumah Rohimah pada akhir bulan untuk memberi nafkah dan bertemu anak. “(Datang) jam setengah 12, pagi-pagi buta jam setengah 6 sudah siap-siap mau pulang lagi ke Bandung. Saya pun enggak marah, karena dia bukan suami saya lagi,” ujar Rohimah.

Anak perempuan Rohimah kemudian menelepon Kiwil. Namun jawaban yang ia terima dari pelawak tersebut justru membuat Rohimah geram. Ia tidak habis pikir Kiwil bisa mengucapkan hal itu kepada anaknya.

“Pengin tenangnya dalam hal apa nih? Toh kita enggak ganggu dia kok, toh kita enggak terlalu menuntut apa-apa kok dari dia,” ucap Rohimah lagi.

Menurut Rohimah, anak mereka hanya merindukan ayahnya. Rohimah mengaku tidak pernah menceritakan kesulitan ekonominya kepada Kiwil dan berusaha menutupi.

“Tapi dengan cara Bang Kiwil ngomong kayak begitu ke anaknya, kepancinganlah saya. Anak saya bicara dengan raut lebaynya begitu, kepancinglah saya,” ucap Rohimah.

Sebelumnya, anak Kiwil dan Rohimah, Nanda mengakui bahwa dia merindukan ayahnya. Dia ingin Kiwil memberi kabar kepada dia dan adik-adiknya.

Kiwil buat anaknya kecewa

Sebulan lebih Kiwil tak memberi kabar ke anak-anaknya dari pernikahan dengan Rohimah, bahkan sudah tak lagi mengunjungi mereka.

Rizky Ananda Delta, putra sulung Kiwil mengaku kecewa dengan ayahnya itu yang tak bisa dihubungi dan tak pulang lagi.

Pasalnya, Kiwil tak merespon telpon dan chat dari anak-anaknya. Sehingga anak-anaknya tak tahu mengapa Kiwil tak datang ke rumah selama sebulan lebih.

“Kalau untuk kecewa ya pasti kecewa banget,” kata Rizky Ananda Delta di kawasan Jl. Kapten Tendean Jakarta Selatan, Kamis (9/9/2021).

“Tapi balik lagi mau gimana, ini sudah jalannya seperti ini. Jadi sementara ini jalanin aja,” ujarnya.

Rizky Ananda harus mengambil tindakan dengan bekerja membantu ibundanya, Rohimah mencari nafkah.

Sebab, uang yang berikan oleh Kiwil dirasa sangat pas-pasan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Sebagai anak tertua ya seharusnya sudah dewasa, sudah bisa mengambil tindakan apa yang dilakuin ke depannya,” ucap Rizky.

“Dan ini (kerja jadi ojol) semua dilakuin ya buat bunda dan adik-adik,” bebernya.

Cerita Rizky Andan Delta yang jadi driver ojek online sempat ramai jadi pembicaraan. Banyak yang menduga bahwa Kiwil lalai memberikan nafkah untuk anak-anaknya.

Namun hal tersebut dibantah oleh Rohimah dengan mengatakan bahwa Kiwil tetap memberikan nafkah meskipun hanya cukup untuk kebutuhan harian.

Comments are closed.