Kakek Suhud dan Keluarga Pernah Tidak Makan Karena Dagangannya Tak Laku

380 views

Suriansyah, pengusaha asal Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi perbincangan usai dirinya langsung ke Jakarta untuk membantu Kakek Suhud. Sasa, panggilan akrabnya, merasa prihatin dengan kisah hidup kakek berusia 70 tahunan itu.

Berhasil bertemu Kakek Suhud, membuat Sasa menawarkan diri untuk menjadi anak angkat dari kakek itu. Kemarin, Selasa (12/10/2021), Kakek Suhud pun resmi jadi bapak angkat Sasa.

Namun, siapa sangka, kisah hidup Kakek Suhud juga menyedihkan. Bersama Sasa di sebuah warung makan, sembari menyantap makanan, kakek itu bercerita alasan dirinya masih bekerja di usia senja.

 

“Semua anaknya itu pekerja, tapi sayang, namanya nasib siapa yang tahu kan, ada yang di PHK karena Covid-19. Jadi, karena tidak mau merepotkan anak-anaknya, Bapak (Kakek Suhud) kerja jualan buku,” kata Sasa, dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (13/10/2021).

Sasa menjelaskan, sebagai penjual buku keliling, kadang jualan Kakek Suhud tak ada yang laku. Walhasil, ia dan keluarganya pun tak makan karena itu.

“Di situasi kayak gini, masih ada yang kayak gitu. Tidak makan karena jualannya nggak laku, saya yang dengar nggak tega,” sambungnya.

Menurut cerita Sasa, kehidupan anak-anak Kakek Suhud juga susah. Hanya mampu berpasrah pada hutang, yang akhirnya menyebabkan mereka cuma bisa mencari nafkah untuk membayar hutangnya.

“Gali lubang tutup lubang jadinya,” sambatnya.

Kakek Suhud dan keluarganya tinggal di rumah mertua anaknya. Kehidupan mereka memprihatinkan dengan rumah yang ukurannya kecil dan harus menampung semua keluarga besar Kakek Suhud.

Ketika ia ditolak untuk dibantu dengan Baim Wong, beredar isu bahwa kaki Kakek Suhud sakit. DIjelaskan Sasa, ketika ia datang dan bertemu bapak angkatnya itu, kondisi kakinya sudah membaik.

“Mukjizat sih, karena mungkin ia juga istirahat yang cukup yah. Walaupun sekarang banyak banget wartawan yang datang ke rumahnya Bapak buat wawancara. Saya bilang nggak papa, diladeni saja, asal ingat istirahat,” pungkasnya.

Comments are closed.