Bukan Soal Mahar, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Saat Ingin Melanjutkan ke Jenjang Pernikahan!

Saat Anda dan pasangan memutuskan untuk menikah, tentunya akan banyak sekali persiapan yang akan Anda lakukan bersama pasangan. Baik itu persiapan untuk acara, gaun pengantin, dan sebagainya.

Namun di balik itu, ada persiapan yang jauh lebih penting yang harus Anda lakukan. Apa itu? Berikut ulasannya di bawah ini, Beauties!

1. Kesiapan Mental

Kesiapan mental merupakan hal yang sangat penting untuk dipersiapkan sebelum menikah. Seperti yang kita ketahui bersama, kehidupan berumah tangga tidak selalu berjalan mulus dan indah. Akan ada berbagai tantangan dan masalah yang selalu muncul. Karena itu, dibutuhkan persiapan mental yang kuat untuk menghadapinya.

Berbicara tentang kesiapan mental, Anda mungkin merasa belum sepenuhnya siap. Namun, belajarlah untuk tetap berlatih mulai sekarang. Seperti dalam mengelola emosi, selalu berpikir positif, siap bertanggung jawab, dan sebagainya.

2. Kesiapan Fisik

Selain kesiapan mental, Anda juga harus siap secara fisik. Sama seperti dibutuhkan kesiapan fisik untuk melakukan pekerjaan rumah tangga untuk melakukan aktivitas seksual dengan pasangan yang sah.

Karena itu, menjadi sangat penting juga bagi Anda untuk memeriksa kondisi kesehatan tubuh Anda, Beauties. Jika ternyata Anda memiliki riwayat penyakit tertentu, tentunya Anda bisa berobat terlebih dahulu sebelum menikah.

3. Kesiapan Finansial

Ya! Kesiapan finansial juga menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah. Bukan hanya biaya mengurus pernikahan, tapi juga biaya setelah menikah. Seperti halnya biaya untuk kebutuhan rumah tangga, biaya kehamilan, biaya pendidikan anak, dan sebagainya.

Karena itu Beauties, pastikan pasangan atau Anda berdua sudah mandiri secara finansial sebelum melangsungkan pernikahan. Karena masalah keuangan seringkali menjadi masalah dalam rumah tangga, maka bicarakanlah sebelum menikah.

4. Tentang Memiliki Anak Atau Tidak

Sebelum menikah, Anda dan pasangan perlu mendiskusikan keinginan memiliki anak atau tidak. Jika ingin memiliki anak, rencanakan program kehamilan dengan menjalani pola hidup sehat, bicarakan jumlah anak yang diinginkan, cara membesarkan anak, lalu bagaimana jika belum pernah memiliki anak, dan sebagainya.

Karena ini adalah hal yang sangat penting ke depan, jangan meremehkannya dengan memilih untuk mengabaikannya sekarang.

5. Tentang Akomodasi

Selanjutnya, salah satu persiapan sebelum menikah yang harus Anda lakukan adalah membicarakan tempat tinggal setelah menikah. Entah itu akan tinggal di rumah Anda, tinggal di rumah mertua, membeli rumah, atau memilih untuk menyewa.

Karena itu, untuk menghindari masalah di kemudian hari, Anda dan pasangan harus bisa membicarakannya sebelum menikah!

Ini bukan soal mahar, tapi daftar hal-hal di atas yang perlu kamu persiapkan! Bagaimana, sejauh ini apa yang telah mempersiapkannya?

Comments are closed.